Sertifikasi ISO 9001:2015 adalah standar yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu. Standar Ini membantu bisnis dan organisasi untuk menjadi lebih efisien dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sertifikasi ini merupakan versi baru dari Sertifikasi ISO 9001: 2008. Perubahan mencolok dari Sertifikasi ISO 9001:2015 dibandingkan versi sebelumnya adalah 10 klausul yang wajib diterapkan oleh organisasi/perusahaan, yaitu :

  1. Scope (Ruang Lingkup)
  2. Normative Reference (Acuan Normatif)
  3. Terms And Definitions (Istilah dan Definisi)
  4. Context Of The Organization (Konteks Organisasi)
  5. Leadership (Kepemimpinan)
  6. Planning (Perencanaan)
  7. Support (Proses Pendukung)
  8. Operation (Operasional)
  9. Performance Evaluation (Evaluasi Performa)
  10. Improvement (Peningkatan)

Siapa saja yang dapat menggunakan standar ini ?

ISO 9001:2015 berlaku untuk organisasi mana pun, terlepas dari ukuran atau industrinya. Lebih dari satu juta organisasi dari lebih dari 160 negara telah menerapkan persyaratan standar ISO 9001 ke sistem manajemen mutu mereka.

Organisasi dari semua jenis dan ukuran menemukan bahwa menggunakan standar ISO 9001 membantu mereka dalam (1) Mengatur proses dan (2) Meningkatkan efisiensi proses.

Sertifikasi ISO 9001: 2015 secara keseluruhan telah mengikuti struktur yang sama dengan standar sistem manajemen lain (di kenal sebagai Struktur Tingkat Tinggi), sehingga memudahkan siapa saja yang akan menggunakan integrasi beberapa sistem manajemen.

Singkatnya, Sertifikasi ISO 9001:2015 memastikan bahwa organisasi menawarkan produk-produk berkualitas sekaligus mendorong dan bertindak atas umpan balik pelanggan, pengguna akhir, dan badan pengatur.

Mengapa Perlu ISO 9001:2015?

Dengan memahami bahwa ISO 9001 memberikan acuan berupa sistem manajemen kualitas. Adanya sistem memungkinkan perusahaan memperoleh manfaat yang bisa dijadikan alasan mengapa perusahaan perlu memiliki sertifikasi ISO 9001 diantaranya:

  • Perusahaan memiliki sistem jaminan kualitas dan mutu yang terstandarisasi internasional.
  • Memiliki sistem jaminan kualitas bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan maupun partner.
  • Kualitas produk yang terjamin memiliki implikasi secara langsung ataupun tidak pada kepuasan pelanggan.
  • Penetapan risiko dan peluang yang dikaitkan dengan konteks dan sasaran organisasi.
  • Mencegah terjadinya kegagalan proses dan kerugian akibat terjadinya ketidaksesuaian mutu produk dan jasa.
  • Memiliki sertifikasi ISO 9001 mengharuskan adanya sistem yang terdokumentasi dengan baik di perusahaan. Dengan adanya dokumentasi terhadap sistem dapat mempermudah perusahaan untuk melakukan audit secara internal.

Manfaat Penerapan Standarisasi ISO 9001:2015

  • Lebih menekankan pada keterlibatan kepemimpinan
  • Membantu menindak lanjuti risiko organisasi dan peluang secara terstruktur
  • Manajemen rantai pasok yang lebih efektif.
  • lebih Mudah digunakan untuk pelayanan dan organisasi berbasis pengetahuan.
  • Mengapa Perlu ISO 9001:2015
  • Dengan memahami bahwa ISO 9001 memberikan acuan berupa sistem manajemen kualitas. Adanya sistem memungkinkan perusahaan memperoleh manfaat yang bisa dijadikan alasan mengapa perusahaan perlu memiliki sertifikasi ISO 9001 diantaranya:
  • Perusahaan memiliki sistem jaminan kualitas dan mutu yang terstandarisasi internasional.
  • Memiliki sistem jaminan kualitas bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan maupun partner.
  • Kualitas produk yang terjamin memiliki implikasi secara langsung ataupun tidak pada kepuasan pelanggan.
  • Penetapan risiko dan peluang yang dikaitkan dengan konteks dan sasaran organisasi.
  • Mencegah terjadinya kegagalan proses dan kerugian akibat terjadinya ketidaksesuaian mutu produk dan jasa.
  • Memiliki sertifikasi ISO 9001 mengharuskan adanya sistem yang terdokumentasi dengan baik di perusahaan. Dengan adanya dokumentasi terhadap sistem dapat mempermudah perusahaan untuk melakukan audit secara internal.
Open chat
1
Selamat Datang di P3SM Cikarang
Apa ada yang bisa kami bantu? Silahkan Chat dengan CS kami